Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh jumlah kantor layanan syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Nasution, Fithri Annisyah (2014) Pengaruh jumlah kantor layanan syariah terhadap peningkatan dana pihak ketiga pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu keunggulan sistem perbankan yang dianut Indonesia adalah Dual Banking System memberikan solusi bagi permasalahan network yang selama ini menghambat pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia. Untuk melaksanakan sistem tersebut, maka Bank Indonesia mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia No.9/7/PBI/2007 tentang perubahan atas No.8/3/PBI/2006 tentang Office Channeling. Office Channeling ditujukan sebagai sarana untuk lebih mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara syariah melalui pembukaan kantor Layanan Syariah di bank konvensional atas nama bank yang sama. Selain itu, perolehan DPK pun dapat dicapai dengan lebih cepat jika jumlah kantor Layanan Syariah diperluas oleh bank syariah. Oleh karena itu, perlu diteliti apakah jumlah kantor Layanan Syariah berpengaruh terhadap peningkatan DPK Layanan Syariah PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep Layanan Syariah (Office Channeling) terhadap peningkatan DPK dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisa statistik. Tahapan penelitian dilakukan dengan dua cara, yaitu kepustakaan dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan wawancara dengan pihak PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Teknik analisis data dilakukan melalui uji analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS versi 17 for windows. Pola kerjasama yang dilakukan dalam Layanan Syariah (Office Channeling) melalui penggunaan asset bersama yang dimiliki PT. Bank SUMUT untuk kepentingan PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu R2 sebesar 47,6% DPK Layanan Syariah dipengaruhi oleh jumlah kantor Layanan Syariah, sisanya sebesar 52,4% diterangkan oleh variabel lain di luar model. Terlihat bahwa nilai probabilitas pada kolom Sig adalah 0,000 atau probabilitas di bawah 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan jumlah kantor Layanan Syariah terhadap peningkatan DPK kantor Layanan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sumoer Mulia Harahap dan Darwis Harahap
Keywords: Bank syariah, Peningkatan dana pihak ketiga
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:35
Last Modified: 11 Sep 2020 02:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item