Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Lubis, Suryani Syarif (2014) Strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mudharabah Pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, dengan permasalahan yang ditemukan bahwa target nasabah pembiayaan mudharabah belum tercapai. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah pada Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah Dari penelitian yang dilaksanakan dapat dipahami bahwa bauran pemasaran yang dilakukan PT. Bank Sumut Cabang Syariah, yaitu strategi product, price, place, promotion, process dan physical eviden sangat membantu dalam memasarkan produk pembiayaan mudharabah. Dan strategi utama yang lebih muncul adalah pelayanan yang bagus dan cepat yang dilakukan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan sehingga terjadi promosi dari mulut ke mulut oleh nasabah. Dengan menceritakan citra bank nasabah lain menjadi tertarik untuk menggunakan produk pembiayaan. Tetapi target nasabah pada pembiayaan mudharabah dari tahun ke tahunnya naik turun. Terkadang dapat mencapai target, terkadang melebihi target, tetapi terkadang juga tidat mencapai target. Hal ini terjadi karena strategi pemasaran yang masih tegabung antara funding dan financing sehingga marketing belum terfokus untuk memasarkan produk tersendiri khususnya pembiayaan mudharabah. Target utama nasabah adalah nasabah tetap pada pembiayaan mudharabah juga mempengaruhi jumlah target tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag dan Darwis Harahap,S.HI.,M.Si
Keywords: Strategi pemasara, Produk pembiayaan mudharabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:09
Last Modified: 11 Sep 2020 03:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item