Siregar, Evi Zuliani Sopiah (2014) Strategi marketing mix pembiayaan rahn emas bsm di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 220 0010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Persaingan yang semakin ketat mendorong setiap bank agar mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cepat. Salah satu cara yang dilakukan oleh PT. Bank Syariah Mandiri adalah dengan meluncurkan produk pembiayaan Rahn Emas BSM. Produk ini merupakan produk yang memberikan solusi terbaik untuk memenuhi keperluan mendesak. Di Kota Padangsidimpuan bukan hanya PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan saja yang memiliki produk sejenis Rahn Emas. Produk ini juga ada di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Padangsidimpuan dan PT. Pegadaian Syariah. Setiap lembaga keuangan baik bank maupun non bank memiliki strategi pemasaran yang berbeda dalam memasarkan produknya dan tentunya perusahaan jasa seperti bank harus mampu memadukan seluruh strategi yang ada dalam strategi marketing mix. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi marketing mix pembiayaan Rahn Emas BSM di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing mix pembiayaan Rahn Emas BSM di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini membahas tentang strategi marketing mix pembiayaan Rahn Emas BSM, sehingga pendekatan teori disesuaikan dengan ruang lingkup yang dibahas, yaitu pemasaran, strategi marketing mix dan rahn. Selain itu peneliti juga membuat penelitian terdahulu yang relevan untuk memperkuat penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil strategi marketing mix, yang paling membuat produk pembiayaan rahn emas BSM di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan terus mengalami perkembangan baik dari segi jumlah nasabah maupun total pencapaian out standing yang selalu melebihi 100% adalah strategi harga yang menetapkan biaya yang murah dibanding dengan harga pesaing (compotitor) dan strategi promosi personal selling dengan menerapkan sistem door to door atau jemput bola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sumper Mulia Harahap dan Muhammad Isa |
Keywords: | Marketing mix; rahn; PT. Bank Syariah Mandiri |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 04:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 04:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4872 |
Actions (login required)
View Item |