Miswar, Miswar (2012) Pengaruh kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 311 069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini adalah suatu kajian tentang daya yang ditimbulkan oleh kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena kompetensi paedagogik merrupakan kompetensi yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru, hasil belajar, dan pengaruh kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama Islam kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2010-2011 sebanyak 255 orang. Dari seluruh populasi ditetapkan sampel sebanyak 42 orang (20%) dari popualasi yang ditetapkan dengan cara random sampling. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket dan tes. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara statistik dengan menggunakan “r” product moment oleh Pearson. Kompetensi paedagogik guru mencapai angka 80,27% yang berarti berada pada kategori sangat baik. Artinya Kompetensi Paedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2010-2011 berada pada kategori sangat baikHasil belajar Pendidikan Agama Islam tersebut mencapai angka 86,42% yang berarti berada pada kategori sangat baik. Artinya Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2010-2011 berada pada kategori sangat baik. Hipotesis yang berbunyi: Ho: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan ditolak karena thitung > tabel (1,84 > 1,676). Hi: Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan diterima karena thitung < ttabel (0,94 < 1,676). Dengan demikian kompetensi paedagogik guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Dalam hal ini konstribusi kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan adalah sebesar 46,10%, sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Samsuddin dan Ikhwanuddin Harahap |
Keywords: | Guru; kompetensi pedagogik; hasil belajar; pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 04:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 04:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4832 |
Actions (login required)
View Item |