Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Profesionalisme guru PAI dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan

Tanjung, Tober Maul (2012) Profesionalisme guru PAI dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana profesionalisme guru PAI di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam bidang studi PAI di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan? (3) Berapa besar hubungan profesionalisme guru PAI dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan? Penulisan skripsi ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui profesionalisme guru PAI di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam bidang studi PAI di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan. (3)Untuk mengetahui berapa besar hubungan profesionalisme guru PAI dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan. Berdasarkan analisis data maka penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa-siswi yang melangsungkan proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan yang berjumlah 107 orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 25% dari 107 orang, yaitu 27 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara stratified sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan rumus Korelasional Product Moment. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment terdapat hubungan profesionalisme guru PAI dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan dengan diketahui nilai rxy sebesar 0.5197 dan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5 % adalah 0,381 dan pada taraf signifikan 1 % adalah 0,487. Nilai rxy 0.5197 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,381) dan pada taraf signifikan 1% (0,487). Selanjutnya untuk mengetahui kesignifikanan dilakukan uji t dengan hasil thitung 3,0414 lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 0,05 (1.708) dan pada taraf signifikan 0,01(2.485), maka hipotesis diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru PAI dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Hambulo Kecamatan Halongonan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Profesionalisme Guru; Guru PAI; Prestasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:59
Last Modified: 09 Sep 2020 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4826

Actions (login required)

View Item View Item