Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usaha guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

Harahap, Muhammad Syahril (2013) Usaha guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perubahan sikap dan mental siswa dengan usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siwa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan ranah afektif siswa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Pedidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kualitatif yang dilakukan dengan berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamati dan diolah dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan berdasarkan metode pengumpulan data ini adalah penelitian deskriptif metode ini menggambarkan sesuatu yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, dapat disimpulkan bahwa keadaan ranah afektif siswa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dilihat dari sopan santun siswa, menurunnya angka ketidak hadiran siswa, menurunnya angka pelanggaran tata tertib sekolah serta pengamalan Pendidikan Agama Islam semakin baik. Dengan demikian ranah afektif siswa yang diharapkan tercapai, walaupun masih ditemukan siswa yang belum menunjukkan perubahan tingkah laku. Dalam usaha meningkatkan ranah afektif siswa, guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan melakukan berbagai cara dan upaya seperti memberikan contoh (menjadikan diri sebagai teladan bagi siswa/i), menggunakan berbagai metode dalam proses pembelajaran, dan membina kerjasama dengan guru bidang studi lainnya. Berbagai usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa dihadang dengan berbagai kendala yang dapat mempersulit bahkan menghentikan usaha yang dilakukan guru. Kendala yang dimaksud adalah faktor intern siswa itu sendiri, faktor keluarga dan kerjasama yang dibina oleh sekolah dengan orang tua siswa tidak berjalan sebagaimana mestinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Erawadi dan Akhiril Pane
Keywords: pendidikan Islam; guru; meningkatkan ranah afektif
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 07 Sep 2020 08:21
Last Modified: 07 Sep 2020 08:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item