Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Korelasi profesionalitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Padang Bolak

Dasopang, Apni Rawi (2014) Korelasi profesionalitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Padang Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak? (2) Bagaimanakah tingkat hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak? (3) Apakah ada korelasi yang signifikan antara profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak? Penulisan skripsi ini bertujuan: (1) Gambaran profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak. (2) Tingkatan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak. (3) Adanya korelasi yang signifikan antara profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak. Berdasarkan analisis data maka penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa-siswi yang melangsungkan proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak yang berjumlah 361 orang. Sedangkan sampel yang diambil adalah 10 % dari keseluruhan populasi, karna populasi lebi dari 100 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan rumus Korelasional Product Moment. Setelah dilakukan penghitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, maka terdapat korelasi yang signifikan antara profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak dengan diketahui nilai : rxy 0,87506 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,329) dan pada taraf signifikan 1% (0,424). Selanjutnya untuk mengetahui kesignifikanan dilakukan uji t dengan hasil thitung 10,542 lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 0,05 (1,6892) dan pada taraf signifikan 0,01 (2,4366) maka hipotesis diterima artinya ada korelasi yang signifikan antara profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Bolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj.Asfiati,S.Ag.,M.Pd dan Zulhammi,M.Ag.,M.Pd
Keywords: Profesionalitas guru, Hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Sep 2020 08:20
Last Modified: 07 Sep 2020 08:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4779

Actions (login required)

View Item View Item