Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama islam di MTsN Batang Angkola Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan.

Lanniari, Lanniari (2015) Implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama islam di MTsN Batang Angkola Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tentang implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam karna Keberhasilan seorang guru pendidikan agama Islam terletak pada peranannya di sekolah,di MTsN Batang Angkola peranan guru pendidikan agama Islam masih sangat jauh dari yang diharapkan karna yang sangat berperan disitu hanyalah wali kelas saja, baik dalam melayani hubungan sosial dengan siswa, orang tua siswa dan begitu juga dengan masyarakat sekitarnya, hal ini sangat berpengaruh terhadap tujuan proses pembelajaran karna seorang guru yang berhasil dalam dunia pendidikan dia harus bisa berkomunikasi dengan lembut dan ramah baik dengan siswa, orangtua siswa dan masyarakat sekitarnya. Sejalan dengan masalah di atas, maka penulisan skiripsi ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di MTsN Batang Angkola, Apa saja kendala-kendala guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di MTsN Batang Angkola, Apa solusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi sosial di MTsN Batang Angkola. Jenis Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif lapangan, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di MTsN Batang Angkola, tehnik pengumpulan datanya yang dibutuhkan adalah wawancara dengan data primer yaitu guru pendidikan agama Islam dan data skunder yaitu kepala sekolah, sebahagian guru umum, siswa, orangtua siswa dan masyarakat sekitar, selanjutnya dengan mengadakan observasi langsung, kemudian analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualiatatif.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa Implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam adalah di MTsN Batang Angkola masih kurang pengaflikasian, hal tersebut karna seorang guru kurangnya memberikan kata-kata nasehat dengan lemah lembut kepada siswa, di lingkungan sekolah tidak ada pelaksanaan pelayanan konsultasi siswa, dan guru pendidika agama Islam jarang sekali membangun hubungan komunikasi dengan orang tua siswa sehingga sewaktu guru pendidikan agama Islam terkendala dalam penyampaian materi karana dia tidak bisa mengkaitkannya dengan kehidupan siswa sehari-hari dan akhirnya siswa merasa bosan mengikuti proses pembelajaran, selanjutnya usaha yang dilakukan guru pendidikan agama Islam adalah dengan melakukan dorongan umpan balik(musyawarah) dua kali seminggu dan adanya kesesuaian yang diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muslim Hasibuan, M.A, dan Dra. Replita, M.Si
Keywords: Implementasi Kompetensi Sosial Guru., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:14
Last Modified: 04 Sep 2020 09:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item