Matondang, Juliana (2015) Pengaruh pembinaan guru terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan : studi kasus Guru bidang studi PAI dan Ppkn. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100283.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah moral siswa yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, peraturan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hal ini disebabkan kurang adanya kesadaran dan tanggung jawab serta kerjasama yang terprogram antara guru PAI dan Ppkn terhadap pembentukan moral siswa, ditambah sarana dan prasaran yang kurang memadai dalam proses pembelajaran Di SMK Negeri I Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pembinaan guru PAI terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan. Bagaimana pembinaan guru Ppkn terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan. Apakah terdapat pengaruh pembinanan guru PAI dan Ppkn terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan guru PAI terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan. Untuk mengetahui pembinaan guru Ppkn terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan. Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan antara pembinaan guru PAI dan Ppkn terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 464 orang siswa. Sedangkan sampel diambil sebanyak 10% sehingga sampel menjadi 47 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel penelitian ini adalah angket. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pembinaan guru PAI (X1) terhadap pembentukan moral siswa (Y) diperoleh nilai thitung 2,984 > ttabel 2,015 sebesar 8,90%. Kemudian untuk pembinaan guru Ppkn (X2) tidak terdapat pengaruh terhadap pembentukan moral siswa variabel (Y) karena diperoleh nilai thitung 1,619 < ttabel 2,015 sebesar 2,621%. Kemudian besarnya kontribusi pembinaan guru PAI variabel (X1) dan pembinaan guru Ppkn variabel (X2) terhadap pembentukan moral siswa diperoleh nilai 46,1%. Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan guru PAI variabel (X1) dan pembinaan guru Ppkn variabel (X2) berpengaruh terhadap pembentukan moral siswa di SMK Negeri I Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal pada kategori cukup baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Sahadir Nasution., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Moral Siswa., Pembinaan Guru., Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 03:31 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4689 |
Actions (login required)
View Item |