Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar Negeri nomor 305 Kampung Baru Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Juna (2015) Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar Negeri nomor 305 Kampung Baru Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah berawal dari banyaknya siswa yang mengalami krisis moral. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 305 Kampung Baru, bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter siswa, serta apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Nomor 305 kampung baru, untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukn karakter,dan untuk mengetahui kendalakendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa. kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran tentang strategi guru dalam pembentukan karakter di Sekolah Dasar Negeri nomor 305 kampung baru. Pembahasan penelitian ini barkaitan dengan strategi guru dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 305 kampung baru. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi guru dalam pembentukan karakter. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini (a) karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Kampung Baru dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu karakter siswa yang berhubungan dengan Allah Swt yaitu berdo’a sebelum dan sesudah belajar dan menghapal ayat-ayat pendek, karakter siswa yang berhubungan dengan diri sendiri yaitu jujur, bertanggung jawab, disiplin, ingin tahu, dan karakter siswa yang berhubungan dengan lingkungan yaitumencegah kerusakan lingkungan dan memperbaiki lingkungan. (b) strategi guru dalam pembentukan karakter siswa itu adalah dengan menerapkan strategi pendekatan kontekstual, keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin. (c) kendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa adalah ada dua yaitu faktor internal (kurangnya minat belajar siswa, siswa tidak konsentrasi dalam belajar), dan eksterna (kurangnya kerja sama antar orangtua dan pihak guru, dan kuranya perhatian orangtua).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Tatta Herawati Daulae dan Nursyaidah
Keywords: pendidikan Islam; guru; karakter siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:12
Last Modified: 02 Sep 2020 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item View Item