Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kompetensi paedagogik guru akidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Padangsidimpuan

Siregar, Nur Hidayah (2015) Pengaruh kompetensi paedagogik guru akidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru akidah akhlak dan bagaimana prestasi belajar siswa kemudian untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi paedagogik guru akidah akhlak prestasi belajar siswa di MTsN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dan kelas VIII MTsN Padangsidimpuan. Kemudian sampel dalam penelitian ini 10% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah angket dan dokumentasi.Uji persyaratan instrument yang digunakan peneliti adalah validitas dan reliabilitas, kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan gambaran kompetensi paedagogik guru sangat baik, hal ini didasarkan pada hasil sebaran angket yang menunjukkan bahwa kompetensi paedagogik guru sangat baik dan prestasi belajar siswa juga sangat baik. Hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi paedagogik akidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Padangsidimpuan. Hal ini didasarkan pada perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan regresi. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung>Ftabel, yaitu 11,13 > 3,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (kompetensi paedagogik guru) mempengaruhi variabel Y (prestasi belajar siswa) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kekuatan pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 60,22%. Persamaan regresi antara kedua variabel adalah linier dengan nilai a = 45,27, nilai b = 0,79, sehingga: = 45,27 + 0,79X. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Y dapat diramalkan dengan persamaan = 45,27 + 0,79X. Jika variabel X bernilai 1 maka nilai sebesar 46,06.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sahadir Nasution dan Zulhammi
Keywords: Kompetensi pedagogik guru; prestasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:54
Last Modified: 02 Sep 2020 03:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item View Item