Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Boarding School Nurul Ilmi Padangsidimpuan

Siregar, Anita Rahman (2015) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Boarding School Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya menanamkan nilai-nilai positif dalam diri siswa sebagai calon penerus bangsa di masa mendatang. Penerapan pendidikan karakter dapat dilaksanakan pada seluruh mata pelajaran termasuk matematika. Matematika sekolah memiliki jumlah jam pelajaran yang relatif banyak sehingga memiliki peluang cukup baik untuk menerapkan pendidikan karakter.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui rencana pelaksanaan pendidikan karakter; 2) mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di kelas VIII Boarding School SMP Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling yaitu guru dan siswa yang melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter di kelas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan: dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan dalam kegiatan sekolah seperti diadakan program sekolah yang membangkitkan karakter siswa, memberi keteladanan pada yang lebih muda, menyediakan bimbingan konseling dan sebagainya. Pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran matematika dilaksanakan pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Dari segi perencanaan, guru menetapkan target pencapaian nilai-nilai karakter dan mencantumkannya dalam perangkat pembelajaran. Dari segi pelaksanaan, guru membantu siswa dalam mencapai target pembelajaran yang bersinergi dengan pembentukan karakter siswa. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter terdiri dari nilai : a) religius, b) kejujuran, c) kecerdasan, d) ketangguhan, e) kepedulian, f) demokratis, g) berfikir logis, kritis dan inovatif, h) kerja keras, i) keingintahuan, j) kemandirian, dan k) percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Lelya Hilda
Keywords: implementasi; pendidikan karakter; pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:57
Last Modified: 01 Sep 2020 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4612

Actions (login required)

View Item View Item