Pulungan, Ummu Hani (2015) Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi, dan apa faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar, dan apa solusi yang diberikan dalam guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi, dan untuk mengetahui apa faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikn Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi, serta apa yang menjadi solusi dalam faktor hambatan yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi. Kemudian ruang lingkup teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar, sehubungan dengan itu maka teori yang diberikan adalah tentang yang berkaitan dengan hal tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dekskriptif lapangan , dan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan digunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara yang dilaksanakan secara kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi adalah guru Pendidikan Agama Islam telah mengadakan atau melaksanakn keterampilan mengajar dan telah mampu menggunakan keterampilan mengajar dalam kelas, ini dapat dilihat dari cara guru menyampaikan pelajaran dengan menggunakan keterampilan yang sesuai dengan materi pelajaran dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Dan terdapat beberapa hambatan dalam kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar di SMP Negeri Sayurmatinggi seperti kurangnya sarana prasarana yang mendukung keterampilan mengajar di guru di SMP Negeri Sayurmatinggi serta kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dan kuragnya minat siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan keterampilan mengajar sangat penting dikuasai oleh guru pada umumnya, agar tidak terjadi kejenuhan kepada para siswa dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Tatta Herawati Daulae dan Muhlison |
Keywords: | pendidikan Islam; guru; keterampilan mengajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:54 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4529 |
Actions (login required)
View Item |