Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Ritonga, Renni (2015) Problematika pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Fokus Penelitian ini bagaimana Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Secara umum penelitian dilakukan untuk mengetahui: 1. Bagaimana Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang metode di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, 2. Bagaimana problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang media di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan sumber datanya adalah guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa/siswi. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode komparasi konstan. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini adalah metode deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data kelapangan melalui observasi, dan wawancara. Teknik pengelolaan dan analisis data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Teknik menjamin keabsahan data, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana problematika dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padang Sidimpuan, Untuk menemukan problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padansidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, mengenai problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam problematika metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sangat dipetakakan kepada tiga masalah problematika, yaitu: problematika pengetahuan, kognitif guru, kompotensi teknik guru dan kompetensi strategis guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Bahwa metode, dan media, kurang sesuai dalam penetapan proses pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Berdasarkan yang penulis lakukan bahwa masalah metode yang penulis temukan bermasalah, begitu juga dengan media bahwa problematika media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sangat diklasipikasi kepada dua hal problematik, yaitu: problem ketersediaan media dan problem pemanfaatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, M.A dan Hamka, M.Hum
Keywords: Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.,
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:11
Last Modified: 27 Aug 2020 03:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4521

Actions (login required)

View Item View Item