Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran tabungan muḍarābah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan

Mandasari, Eka (2020) Strategi pemasaran tabungan muḍarābah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah mengenai strategi pemasaran yang ada pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan dalam kurun waktu mulai dari tahun 2014-2018 mengalami naik turun jumlah nasabah khususnya dalam tabungan muḍarābah sehingga memberikan efek yang kurang positif terhadap perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan pengkajian ulang secara mendalam terhadap strategi pemasaran yang di terapkan untuk meningkatkan jumlah nasabah. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi pemasaran tabungan muḍarābah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan saat ini. Dan bagaimana rencana strategi pemasaran tabungan muḍarābah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan di masa yang akan datang. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui strategi pemasaran tabungan muḍarābah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan saaat ini serta untuk menyusun rencana strategi pemasaran tabungan muḍarābah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan di masa yang akan datang. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah semakin banyak informasi dan pengetahuan yang bisa diperoleh sebuah perusahaan mengenai para pesaingnya, semakin besar kemungkinan ia dapat merumuskan serta menerapkan strategi yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan lokasi penelitian pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, data sekunder yang berasal dari dokumen atau data bank. Analisis data menggunakan analisis SWOT karena membahas tentang strategi pemasaran. Hasil penelitian ini adalah: 1. Strategi pemasaran tabungan muḍarābah PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan saat ini yaitu dengan menawarkan tabungan muḍarābah kepada nasabah khususnya kepada organisasi pengajian baik kaum ibu maupun bapak, dan juga dapat mengunjungi nasabah lama yang mana tabungan tersebut sudah tidak aktif untuk mengaktifkan kembali tabungan tersebut. 2. Menyusun rencana strategi pemasaran tabungan muḍarābah PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan di masa yang akan datang yaitu sama dengan strategi pemasaran yang digunakan saat ini, dan menggunakan strategi 7P yaitu: strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, strategi promosi, physical evidence, strategi proses, dan strategi sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag., dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Strategi Pemasaran; Tabungan Muḍarābah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:51
Last Modified: 27 Aug 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item View Item