Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh faktor lokasi dan pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan

Handayani, Handayani (2015) Pengaruh faktor lokasi dan pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan memiliki lokasi dan pelayanan yang baik. Akan tetapi, ada beberapa nasabah yang tidak aktif lagi atau jarang sekali melakukan transaksi. Oleh karena itu, PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan perlu meningkatkan atau mempertahankan loyalitas nasabahnya agar nasabahnya tidak berpindah ke lembaga keuangan lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah faktor lokasi dan pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran bank. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi lokasi dan pelayanan yang terdapat pada bahasan bauran pemasaran (marketing mix) yang dikenal dengan istilah 7P yaitu :product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket, wawancara dan observasi. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linearitas, koefisien determinasi, uji hipotesis (t), uji F dan regresi berganda. Dengan menggunakan program bantuan SPSS VERSI 17.0, diperoleh hasil sebagai berikut : lokasi ( X1 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan, terlihat t hitung (4,549) > t tabel (2,007). Pelayanan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan, terlihat t hitung (3,981) > t tabel (2,007). Variabel lokasi (X1) dan pelayanan (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah terlihat F hitung (16,127) > F tabel (3,175). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383 yang berarti loyalitas nasabah mampu dijelaskan oleh variabel lokasi dan pelayanan sebesar 38,3% dan sisanya 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ikhwanuddin Harahap dan Muhammad Isa
Keywords: perbankan syariah; loyalitas nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:19
Last Modified: 26 Aug 2020 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4470

Actions (login required)

View Item View Item