Hasibuan, Hotnida (2014) Strategi pemasaran produk gadai syariah dalam upaya menarik minat nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 220 0015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pada dasarnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Seiring berkembangnya zaman, strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan harus senantiasa ditinjau dan dikembangkan sesuai perkembangan pasar agar tercapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk gadai syariah dalam menarik minat nasabah pada Unit Pegadaian syariah Sadabuan dan bagaimanakah tantangan dan hambatan pemasaran produk gadai syariah pada Unit Pegadaian Syariah Sadabuan, yang memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk gadai syariah dalam menarik minat nasabah pada Unit Pegadaian syariah Sadabuan dan untuk mengetahui tantangan dan hambatan pemasaran produk gadai syariah pada Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Untuk itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematis mengenai fakta yang berhubungan dengan objek penelitian ini, yaitu bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Unit Pegadaian Syariah Sadabuan dalam menarik minat nasabah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Unit Pegadaian Syariah Sadabuan dalam menarik minat nasabah menerapkan strategi marketing mix, yaitu dengan menawarkan produk yang beragam, harga yang cukup murah dan terjangkau, lokasi yang cukup strategis, promosi dengan melakukan cross selling, pelayanan yang baik, proses transaksi yang cepat, dan tata ruangan yang cukup nyaman. Secara spesifik untuk Unit Pegadaian Syariah Sadabuan penulis menemukan cara promosi yang cukup unik bila dibandingkan dengan perusahaan jasa keuangan lainnya yang ada di Kota Padangsidimpuan, yaitu promosi melalui kegiatan pengajian, perkumpulan dan arisan ibu-ibu. Adapun tantangan dan hambatannya adalah kepopuleran pegadaian yang masih kalah dibandingkan bank. Di sisi lain belum terpenuhinya sumber daya manusia yang cukup dalam bidang pegadaian dan bisnis syariah, serta munculnya perusahaan-perusahaan pesaing yang menawarkan produk yang sama atau ada kemiripan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zul Anwar Ajim Harahap dan Muhammad Isa |
Keywords: | Strategi; Pemasaran; produk gadai; minat nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:19 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4461 |
Actions (login required)
View Item |