Sitorus, Monalisa Cahaya (2015) Perbandingan kinerja guru yang sertifikasi dan yang belum sertifikasi di MTsN 2 PAL-IV Pijorkoling Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
103100023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Program sertifikasi adalah suatu upaya yang dilakukan Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu, martabat, dan kesejahteraan guru. Dengan adanya sertifikasi, pemerintah berharap kinerja guru semakin hari semakin meningkat. Baik dari segi kualitas maupun kompetensinya. Begitu juga guru yang belum sertifikasi diharapkan berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun kemampuan guru sertifikasi dan non sertifikasi hampir sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja guru yang sertifikasi dan yang belum sertifikasi di MTsN 2 Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan. Adapun salah satu kegunaan dari penelitian ini adalah: salah satu komponen dalam persyaratan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. Sebagai khazanah berpikir bagi guru-guru agar mengoptimalkan atau memaksimalkan kinerjannya sebagai pendidik dalam mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan anak-anak, terlebih-lebih kepada guru-guru yang telah sertifikasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif lapangan dengan bentuk komparasi. Populasi penelitian ini adalah semua guru yang ada di di MTs.N 2 Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan yang berjumlah 42 guru, yang terdiri dari 27 guru yang telah sertifikasi dan 15 guru yang belum sertifikasi, maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen pengumpulan data dengan angket. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Adapun hasil penelitian ini dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru yang sertifiikasi. Dan yang belum sertifikasi di MTsN 2 Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan, karena to (t-hitung) jauh lebih kecil daripada tt (t-tabel) yaitu ( thitung < ttabel ) yaitu 1,667<2,021. Dengan demikian HO diterima dan Ha ditolak. Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru yang sertifikasi dan yang belum sertifikasi di MTsN 2 Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Kinerja Guru; Sertifikasi; Belum Sertifikasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 02:02 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 02:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4452 |
Actions (login required)
View Item |