Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro di BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan

Gultom, Evi Uliana (2015) Strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro di BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro di BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan. BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan berdiri pada tahun 2009 dengan Surat Rekomendasi No. 078/PINBUK INDOSU/BP/A/RK/IV/2009, pada tahun 2009 sampai tahun 2010 jumlah nasabah mengalami peningkatan dengan strategi pemasaran pembiayaan murâbahah mengadakan sosialisasi kedesa dan kelurahan di Kota Padngsidimpuan maupun di luar kota, tetapi mulai tahun 2011 sampai tahun 2014 nasabah terus mengalami penurunan karena tidak memiliki startegi pemasaran yang baku untuk dilaksanakan, dengan mengharapkan informasi dan upaya dari masyarakat yang ikut sosialisasi pada tahun sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro di BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan serta apa kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro di BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara analisis sebelum dilapangan, dan analisis selama dilapangan model Miles dan Huberman. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro yang dilakukan BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan yakni dengan strategi produk (product), dalam hal ini dalam pengajuan produk pembiayaan dengan ketentuan dan syarat yang sangat mudah. Promosi (promotion), strategi promosi yang dilakukan BMT El Jajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan dengan penjualan pribadi (personal selling), periklanan (advertising), dan publisitas (publicity). Harga (price), dalam hal ini pembiayaan murâbahah pada usaha mikro pembayaran cicilan dilakukan dengan sistem harian, yakni 100 hari tanpa dipungut jika tanggal merah. Dan strategi tempat (place) BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan mudah diakses, dekat dengan sektor usaha mikro dan komplek perumahan. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran pembiayaan murâbahah pada usaha mikro di BMT El Fajr 006 Kelurahan Losung Batu Padangsidimpuan, yakni semakin banyaknya jumlah para pesaing, masyarakat kurang memahami bagaimana dan apa itu BMT, BMT masih ketinggalan dari fasilitas maupun teknologi, dan pesaing dapat menjanjikan kemudahan dan undian menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sumper Mulia Harahap dan Rukiah
Keywords: Strategi; pemasaran; pembiayaan; usaha makro
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:51
Last Modified: 25 Aug 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item