Sarinah, Nur (2015) Pengaruh marketing syariah terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sindanglaya Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pada dasarnya marketing syariah dilakukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk dan jasa. Seiring berkembangnya zaman, marketing syariah yang diterapkan oleh perusahaan harus senantiasa ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar demi tercapainya tujuan perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada dan seberapa besar pengaruh marketing syariah terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Sindanglaya Kotanopan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar pengaruh marketing syariah terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Sindanglaya Kotanopan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmumarketing syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan marketing syariah dan kepuasan nasabah atau bagian- bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu penelitian yang berbentuk angka. Adapun istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Selanjutnya, analisis datanya dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik sebagai alat hitung antara lain: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t. Dari pengelohan data diperoleh sebagai berikut: Adanya hubungan yang sedang antara variabel marketing syariah dengan kepuasan nasabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sindanglaya Kotanopan. Hal ini ditandai oleh nilai r sebesar 0426 yang berarti adanya korelasi yang sedang antara variabel marketing syariah dengan variabel kepuasan nasabah. Dari perhitungan koefisien 2 determinasi (r ) diperoleh nilai sebesar 0,182 atau 18,2% artinya persentase sumbangan pengaruh antara variabel marketing syariah terhadap kepuasan nasabah sebesar 18,2%, sedangkan sisanya 81,1% dipengaruhi variabel yang lainnya namun tidak di bahas dalam dalam penelitian ini. Persamaan regresi yang ’ diperoleh adalah Y = 22,224 + 0,387X yang artinya setiap peningkatan marketing syariah sebesar 1% maka akan maningkat kepuasan nasabah sebesar 22.611% dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Rukiah, M.Si. |
Keywords: | Marketing Syariah; Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 02:27 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4417 |
Actions (login required)
View Item |