Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok

Harahap, Hamzah Nur Anwar (2015) Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan pencapaian laba sebuah perusahaan sering tergantung pada kemampuan pemasaran, kegiatan operasional, keuangan, akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba. Promosi merupakan pemberitahuan, pembujukan, dan pengimbasan Keputusan pembelian konsumen. PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok belum pernah melakukan penelitian seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di unit kerjanya. Sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan supaya perusahaan merencanakan anggaran promosi dengan target laba yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya promosi berpengaruh terhadap volume pembiayaan PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi pada data biaya promosi dan volume penjualan yang diperoleh dari PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS Versi 17.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya promosi (variabel X), dan volume penjualan (variabel Y). Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan Y = 3,302 + 1,131X, dengan kata lain biaya promosi memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Dari hasil data yang diolah terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap volume penjualan di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok, hal tersebut diperoleh dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, seperti Perolehan R square sebesar 0,900, artinya 90% volume penjualan, sedangkan 10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag dan Muhammad Isa,ST.,M.M
Keywords: Biaya promosi, Volume penjualan produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:26
Last Modified: 25 Aug 2020 03:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item