Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Sipirok menjadi nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Sipirok

Suhada, Azis (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Sipirok menjadi nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pegadaian syariah hadir di Indonesia dalam bentuk kerja sama bank syariah dengan perum pegadaian membentuk Unit layanan gadai syariah di beberapa kota di Indonesia. Di samping itu, ada pula bank syariah yang menjalankan kegiatan pegadaian syariah sendiri.Dalam realita kehidupan, terkadang masyarakat sangat membutuhkan dana untuk menutupi kebutuhan mendesak maka bila tidak ada orang yang bisa memberikan pinjaman dan masyarakat memiliki barang yang layak digadaikan ke lembaga gadai syariah maka masyarakat dapat menjadikan barang tersebut jaminan gadai atas utangnya. Skripsi ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat mipirok menjadi nasabah pada UnitPengadaian Syariah Sipirok, dengan permasalahan yang ditemukan bahwa jumlah nasabah pada tahun 2012- 2013 mengalami penurunan. Dari pengamatan penulis, ada beberapa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Sipirok untuk menjadi nasabah di Unit Pegadaian Syariah Sipirok yaitu faktor jasa taksiran dan faktor lokasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor taksiran barang jaminan dan faktor lokasi mempengaruhi minat masyarakat Sipirok menjadi nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Sipirok. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pegadaian Syariah Sipirok, dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 55 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji multikoloniearitas, uji heteroskedastisitas, uji auto korelasi, uji statistik deskriftif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji koefisien determinan, uji korelasi, uji regresi dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa uji koefisien determinasi 2 (R ) adalah sebesar 0,553 atau 55,3% artinya sebesar 55,3% bahwa minat masyarakat dapat diterangkan oleh taksiran barang jaminan dan lokasi sebasar 55,3% sedangkan sisanya 44,7% diterangkan oleh variabel lain. Taksiran barang jaminan dan lokasi mempengaruhi terhadap minat masyarakat di Unit Pagadaian Syariah Sipirok, hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh taksiran barang jaminan dan lokasi terhadap minat masyarakat Sipirok dimana thitung> ttabel=3,945>1,673, maka taksiran barang jaminan dan lokasi berpengaruh terhadap minat masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si
Keywords: Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:06
Last Modified: 24 Aug 2020 03:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item