Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL Jurusan Matematika IAIN Padangsidimpuan tahun 2016 di SMA N se Kota Padangsidimpuan

Siregar, Putri Sari (2017) Persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL Jurusan Matematika IAIN Padangsidimpuan tahun 2016 di SMA N se Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi nilai yang diperoleh mahasiswa PPL tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan/ Pendidikan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan Tahun 2016 di SMAN Se Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan/ Pendidikan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan Tahun 2016 di SMAN Se Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripstif. Subjek penelitian ini adalah guru pamong di SMAN Se Kota padangsidimpaun sebanyak 13 responden yang diambil secara purposive sampling. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan secara kualitatif dilakukan dengan menggunakan 2 instrument pengumpulan data yaitu angket terbuka dan wawancara. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriftif yang menggunakan logika berpikir ilmiah dengan metode miles and huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah guru-guru pamong berpendapat bahwa mahasiswa PPL telah dapat mengaplikasikan ke-8 keterampilan mengajar tersebut, tetapi masih ada keterampilan yang belum dilaksanakan yaitu keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Berdasarkan hasil penelitian tanggapan yang diberikan guru pamong bahwa keterampilan bertanya yang dilaksanakan mahasiswa terampil, keterampilan membuka dan menutup pelajaran dilaksanakan dengan baik, keterampilan memberi penguatan hanya 1 mahasiswa yang melaksanakan keterampilan ini, keterampilan menjelaskan yang dilaksanakan mahasiswa masih kurang tepat karena bahasa yang digunakan mahasiswa masih kaku, keterampilan mengadakan variasi sangat jarang dilakukan mahasiswa yaitu jarang menggunakan media, keterampilan mengelola kelas masih kurang tepat karena mahasiswa masih sulit mengendalikan ruang kelas, dan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil sangat jarang dilaksanakan mahasiswa hanya sekali atau dua kali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Persepsi; Keterampilan Mengajar; Praktek Pengalaman Lapangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:18
Last Modified: 13 Aug 2020 04:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item