Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal

Nasution, Imelda Fitri (2017) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai mata pelajaran matematika yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata-rata Ujian Akhir Semester (UAS) yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengggunakan metode eks post facto, dengan jumlah populasi 42 siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal dan sampel sebanyak 42 siswa yang diambil secara sampling jenuh. Data persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji F dan teknik pengolahan data menggunakan program software SPSS 22. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil besarnya koefisien korelasi sebesar 0,343 yang berada pada kategori hubungan rendah. Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap variabel hasil belajar siswa sebesar 11,76% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan menggunakan rumus regresi diperoleh persamaan regresi . Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh Fhitung >Ftabel yaitu 5,33 > 4,08 Dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil konsultasi dari nilai tersebut, maka hipotesis yang dirumuskan dapat diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi dan Mariam Nasution
Keywords: Persepsi siswa; keterampilan mengajar guru; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:42
Last Modified: 13 Aug 2020 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

View Item View Item