Laini, Susi (2017) Aplikasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pendidikan agama Islam (PAI) kurikulum 2006 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0238.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru untuk menciptakan dan memelihara aktivitas belajar secara optimal. Dengan demikian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat dikatakan suatu kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas secara optimal sehingga tercipta proses pembelajaran di dalam kelas secara baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Islam (PAI) sesuai dengan kurikulum 2006, Mengetahui format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Islam (PAI) sesuai dengan kurikulum 2006, mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan kendala dalam menyusun dan mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama islam (PAI) kurikulum 2006 dan cara mengatasinya. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif, instrumen pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan observasi. Tekhnik pengolahan data dan analisis data menggunakan editing data, redaksi data, deskriptif data. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa langkahlangkah yang dilakukan guru dalam aplikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sesuai dengan Kurikulum 2006 adalah menyesuaikan dengan perangkat pembelajaran antara lain dengan melalui jadwal, kalender pendidikan, pertemuan atau hari efektif, program semester, program tahunan. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan sesuai format dan jadwal yang sudah ada di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kendala dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan kurikulum 2006 ialah kesadaran guru tentang pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di dalam pembelajaran belum sepenuhnya disadari oleh guru-guru, minimnya jam pelajaran agama Islam dalam format Kurikulum 2006 di dalam sekolah umum seperti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2006 diantaranya adalah mengikutsertakan guru-guru pada kegiatan-kegiatan Pendidikan dan Latihan (DIKLAT), penataran, dan kegiatan lain yang membahas tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (PAI) baik yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten maupun Provinsi, mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), memperketat penilaian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas-tugas gu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asfiati dan Rosimah Lubis |
Keywords: | RPP; keterampilan; guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:15 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 03:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4283 |
Actions (login required)
View Item |