Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Ramadhani, Suci (2018) Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap peningkatan jumlah nasabah dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan terhadap peningkatan jumlah nasabah Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pemasaran, bauran pemasaran, perilaku konsumen, penghimpunan dana, serta dalil Alquran yang berkenaan dengan teori. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif data primer dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik yang termasuk di dalamnya uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji analisis korelasi ganda (R), uji koefisien determinasi (R2), serta uji hipotesis yang termasuk di dalamnya uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk memperoleh thitung > ttabel (2,071 > 1,661), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya variabel produk berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Pada variabel harga memperoleh thitung > ttabel (1,277 < 1,661), maka dapat disimpulkan H0 diterima, artinya variabel harga tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Pada variabel promosi memperoleh -thitung < -ttabel (-2,377 < -1,661), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya variabel promosi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Pada variabel tempat memperoleh thitung > ttabel (3,782 > 1,661), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya variabel tempat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Berdasarkan uji simultan (uji F) bahwa produk, harga, promosi, dan tempat memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 7,265 > 2,00, maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya secara simultan variabel produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa,ST.,M.M dan Aliman Syahuri Zein,M.EI
Keywords: Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Loyalitas nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:13
Last Modified: 19 Aug 2020 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item