Syarifuddin, Syarifuddin (2017) Pengaruh pola komunikasi terhadap motivasi karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah dalam proses pola komunikasi pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Kantor Cabang Pembantu Panyabungan, baik komunikasi yang terjadi antara atasan kepada bawahan ataupun sebaliknya, begitu juga komunikasi antara sesama bawahan yang berpengaruh terhadap motivasi karyawan, hal ini sangat mungkin terjadi dikarenakan kuatnya tekanan kerja di dalam perbankan. Rumusan masalah yang dijadikan tujuan utama dalam penelitian ini antara lain: Apakah pola komunikasi vertikal dan informal berpengaruh secara parsial terhadap motivasi karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCP Panyabungan, apakah pola komunikasi vertikal dan informal berpengaruh secara simultan terhadap motivasi karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCP Panyabungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara komunikasi vertikaldan komunikasi informal terhadap motivasi karyawan di PT. BankMuamalat Indonesia Tbk, KCP Panyabunganbaik secara parsial ataupun simultan. Dimana landasan teori permasalahan yang diteliti yakni teoriteori yang menyangkut variabel terikat dan variabel bebas. Dimulai dengan motivasi, tujuan motivasi, motivasi dalam islam, pola komunikasi, proses pola komunikasi, fungsi pola komunikasi, dan pola komunikasi dalam Al-Quran. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji t, uji f danuji koefisien determinasi (R square). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan karyawan PT. BankMuamalat Indonesia Tbk, KCP Panyabungan yang berjumlah 17 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Sedangkan instrument pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, komunikasi vertikal memiliki thitung> ttabel (2,233 > 2,131) dan tingkat signifikansi 0,042 < 0,05 artinya komunikasi vertikal memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi karyawan.Komunikasi informal memiliki thitung< ttabel (-0,011 < 2,131) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,991 >α (0,05), artinya komunikasi informal tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi karyawan. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa komunikasi vertikal dan komunikasi informal memiliki F hitung > F tabel ( 6,585> 3,739) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,010
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sumper Mulia Harahap dan Azwar Hamid |
Keywords: | Komunikasi vertikal; komunikasi informal; motivasi karyawan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 03:55 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 03:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4261 |
Actions (login required)
View Item |