Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan

Syafitri, Yul Ari (2017) Strategi pemasaran produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan mengalami peningkatan, namun peningkatan tersebut belum terjadi secara signifikan sehingga target yang diinginkan belum tercapai. Hal ini terjadi karena kurang efektifnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan sehingga masyarakat khususnya masyarakat Kota Padangsidimpuan masih banyak yang belum mengetahui adanya produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas syariah yang ada di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan pengertian strategi, pemasaran bank, tujuan pemasaran bank, konsep-konsep pemasaran, strategi pemasaran bank syariah, bauran pemasaran (marketing mix), analisis SWOT, gadai emas syariah, dasar hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah karyawan dan nasabah gadai emas syariah PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan masih sangat sederhana yaitu strategi penetrasi pasar dengan menerapkan marketing mix (bauran pemasaran) sebagai alat pemasarannya, dan strategi yang paling diandalkan dari marketing mix tersebut adalah harga sewa yang relatif murah serta pelayanan yang relatif cepat dan ramah. Namun strategi ini belum cukup efektif, karena media promosi yang digunakan PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan untuk memasarkan produk gadai emas syariah masih sangat sederhana, baru sebatas membagikan brosur, iklan di radio dan promosi dari mulut ke mulut dan belum adanya supervisi yang langsung menangani produk gadai emas syariah sehingga strategi pemasaran produk gadai emas syariah masih bergabung dengan strategi pemasaran produk lain yang ada di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. KATA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati,MA dan Windari,S.E.,MA
Keywords: Produk gadai emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:24
Last Modified: 11 Aug 2020 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item