Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Relationship Marketing (Hubungan Pemasaran) terhadap loyalitas nasabah tabungan iB Prima Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Harahap, Roni Rasoki (2017) Pengaruh Relationship Marketing (Hubungan Pemasaran) terhadap loyalitas nasabah tabungan iB Prima Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah nasabah tabungan iB Prima pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan karena persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan nasabah agar terwujudnya loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah relationship marketing (hubungan pemasaran) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabunga iB Prima pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang loyalitas nasabah, relationship marketing (hubungan pemasaran), customer value, customer satisfaction dan interaksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 80 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial customer value mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,044 > 1,665), customer satisfaction mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,731 > 1,665) dan interaksi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (5,165 > 1,665). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa customer value, customer satisfaction dan interaksi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan Fhitung > Ftabel (53,358 > 2,16). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 67,8% variabel customer value, customer satisfaction dan interaksi mampu mempengaruhi loyalitas nasabah dan 32,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar,S.Pd.,M.M dan Aliman Syahuri Zein,MEI
Keywords: Relationship Marketing (Hubungan Pemasaran), Loyalitas Nasabah, Tabungan iB Prima
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:52
Last Modified: 11 Aug 2020 03:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item View Item