Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Wati, Epa Winda Meli Lisda (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah memilih tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah yang mengalami fluktuasi dari tahun 2012-2016. Tahun 2012 nasabah tabungan haji arafah berjumlah 82 nasabah, tahun 2013 berjumlah 91 nasabah atau meningkat sebesar 10,97% dari tahun sebelumnya, kemudian pada tahun 2014 sampai 2015 mengalami penurunan hingga 60,32% atau sekitar 25 nasabah pada tahun 2015 dan tahun 2016 jumlah nasabah tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah meningkat sebesar 87,98% atau sebanyak 208 nasabah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hadiah, promosi dan harga produk berpengaruh terhadap minat nasabah memilih tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hadiah, promosi dan harga produk terhadap minat nasabah memilih tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat nasabah, hadiah, promosi dan harga produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 82 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah Sampel Slovin. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial hadiah mempunyai pengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,454>1,66462), promosi mempunyai pengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,170 > 1,66462), harga produk mempunyai pengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (3,733 > 1,66462). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa hadiah, promosi dan harga produk mempunyai pengaruh terhadap minat nasabah dengan Fhitung > Ftabel (86,204 > 2,16). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 75,9% variabel hadiah (bonus), promosi dan harga produk mampu menjelaskan minat nasabah dan 24,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: Hadiah (bonus); Promosi; Harga Produk; Minat Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:31
Last Modified: 11 Aug 2020 02:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item