Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru PAI dalam mengelola kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Risda Yuhanni (2017) Peran guru PAI dalam mengelola kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Guru PAI Dalam Mengelola Kelas Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri 0308 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas”. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu usaha guru PAI dalam mengelola kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa usaha guru PAI dalam mengelola kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, apa kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengelola kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, dan apa solusi yang diberikan kepala sekolah untuk guru PAI dalam mengelola kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Dalam mengakaji dan menelaah permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif yaitu suatu metode yang menggambarkan suatu kondisi atau gejala-gejala secara sistematis, faktual dan akurat. Dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI sudah melakukan pengelolaan kelas, hal ini dapat dilihat dari pengaturan ruangan belajar, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya, pengaturan ventilasi dan menyimpan barang-barang yang dapat mengganggu kegiatan belajar. Namun hasilnya masih kurang maksimal, disebabkan beberapa Kendala yang dihadapi guru PAI yakni adanya siswa yang tidak tahu hak dan kewajibannya sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif, kebiasaan anak dalam keluarga yang tidak disiplin dan faktor fasilitas yang kurang memadai, akan tetapi guru PAI berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pengaturan tempat belajar sedemikian rupa agar siswa merasa nyaman, aman dan tenang dalam belajar, melakukan kerja sama dengan orang tua dan menyuruh siswa untuk membawa perlengkapan belajar sendiri agar tidak menimbulkan keributan dalam kelas. Adapun teknik yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memberikan pujian, baik berupa pujian verbal dan non verbal, memberi hadiah, memberi ulangan sebagai alat pemacu semangat belajar, dan memberi tahu hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Darwis Dasopang dan Misran Simanungkalit
Keywords: Guru; motivasi belajar; siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:44
Last Modified: 10 Aug 2020 03:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item