Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan keteladanan guru dengan karakter siswa di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan

Wardia, Asmi (2017) Hubungan keteladanan guru dengan karakter siswa di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun masalah yang dibahas dalam skripsi ini bagaimana keteladanan guru dengan karakter siswa di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan, karena di sekolah ini terlihat jelas bahwa siswa kurang menaati peraturan yang telah ditentukan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan guru dengan karakter siswa di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keteladanan guru dengan karakter siswa di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori belajar sosial dikemukakan oleh Bandura yang mempercayai bahwa kepribadian dibentuk melalui imitasi. Untuk menelaah permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampelnya adalah 10% dari seluruh populasi yang berjumlah 485 orang siswa SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan, yakni 51orang dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Intrumen pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket. Sementara, pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis statistik yaitu dengan rumus korelasi product moment. Berdasarkan penelitian bahwa keteladanan guru di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73,43%. Karakter siswa di SD Swata Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 83,26%. Kemudian untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, maka nilai rxy akan dikonsultasikan dengan r tabel dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 51 pada taraf signifikansi 5%. Diperoleh rxy sebesar 0,405 > r tabel 0,266, dan apabila dilihat kepada tabel interpretasi korelasi diperoleh bahwa antara variabel bebas dan terikat mempunyai hubungan yang kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keteladanan guru dengan karakter siswa di SD Swasta Nurul Ilmi Islam Terpadu Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Erna Ikawati
Keywords: Keteladanan guru; karakter siswa; peraturan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:45
Last Modified: 10 Aug 2020 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item View Item