Yufhara, Diva (2017) Persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah (studi kasus masyarakat muslim di Kecamatan Sibolga Kota). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah tentang bagaimanakah persepsi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah di Kecamatan Sibolga Kota. Diindikasi terdapat persepsi yang berbeda-beda dan masih banyak masyarakat memiliki rekening di bank konvensional, padahal masyarkat di Kecamatan Sibolga Kota mayoritas beragama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah di Kecamatan Sibolga Kota. Penelitian ini diharapkan sebagai sarana ilmu pengetahuan tentang perbankan syariah bagi pihak peneliti, bank syariah di Kota Sibolga, masyarakat Kecamatan Sibolga Kota, dan peneliti selanjutnya. Pembahasan ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah dan ilmu sosial yang ruang lingkup dari teori yang digunakan adalah berasal dari teori ilmu perbankan syariah dan ilmu sosial. Teori ini mencakup faktor-faktor yang mempengaruhi suatu persepsi yaitu faktor individu, faktor situasi dan faktor target. Ketiga faktor tersebut akan dibahas sesuai dengan persepsi yang dikemukakan oleh para informan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang pengumpulan datanya dengan wawancara dan observasi. Sumber data lainnya adalah sekunder yaitu dari informasi Badan Pusat Statistik (BPS). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang sebagai informan yang diwawancara, serta hasil data-data yang diperoleh akan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan persepsi yang berbeda dari masing-masing informan. Terdapat enam kategori yang dipersepsikan masyarakat yaitu pengetahuan tentang perbankan syariah, yang pertama bank syariah sudah sesuai dengan ajaran Islam dengan persentase sebanyak 93,33%, kedua bank syariah menggunakan bagi hasil sebanyak 46,67%, ketiga produk bank syariah sebanyak 40%, keempat bank syariah sama dengan bank konvensional sebanyak 16,67%, kelima bank syariah hanya sebagai wadah/jika ada keperluan saja sebanyak 6,67%, dan yang keenam yang tidak mengetahui/tidak mengerti tentang perbankan syariah sebanyak 50%. Faktor yang mempengaruhi persepsi adalah faktor individu dari kategori persepsi pertama, kedua, ketiga, keempat dan keenam. Faktor target dari kategori persepsi kedua, keempat dan kelima. Faktor yang terahir faktor situasi dari kategori persepsi kelima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Ikhwaanuddin Harahap,M.Ag dan Hamni Fadlilah Nasution,M.Pd |
Keywords: | Persepsi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 03:09 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 03:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3908 |
Actions (login required)
View Item |