Pulungan, Nurhidayani (2017) Strategi pemasaran produk gadai (Ar-Rahn) pada pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi pengetahuan masyarakat yang sangat sedikit mengenai pegadaian, hal tersebut bisa dilihat dari pertumbuhan produk gadai (Ar-rahn) pada pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan mengalami fluktuasi dari tahun 2012 sampai dengan 2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk gadai (Ar-rahn) yang dilakukan Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini adalah pemasaran dan produk gadai (Ar-rahn). Pemasaran adalah Suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Produk gadai (Ar-rahn) adalah pembiayaan gadai dengan sistem syariah dimana batas jatuh tempo pinjaman maksimal 4 bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dengan karyawan dan nasabah Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan 4P (product, price, place, dan promotion). Melalui strategi produk, Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan mengembangkan berbagai produk seperti gadai (Ar-rahn), Arrum, Mulia, Amanah, dan Multi Payment Online (MPO) untuk menarik minat nasabah. Melalui strategi harga, Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan menetapkan harga yang murah dan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya seperti bank. Melalui strategi tempat, Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan merupakan lokasi yang strategis untuk untuk menarik nasabah dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah ketika bertransaksi. Melalui Strategi promosi, Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan membagikan brosur serta memberikan penjelasan kepada nasabah, dan membuat iklan agar nasabah lebih mengetahui tentang pegadaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Darwis Harahap,S.HI.,M.Si dan Nurul Izzah,M.Si |
Keywords: | Pemasaran, Produk gadai (Ar-rahn) |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 09:03 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 09:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3886 |
Actions (login required)
View Item |