Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menggunakan jasa gadai di PT. Pegadaian Syariah Sibuhuan

Siregar, Nur Jannah (2017) Pengaruh nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menggunakan jasa gadai di PT. Pegadaian Syariah Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah pada umumnya setiap lembaga keuangan syariah dalam menjalankan usahanya tentu mempunyai keinginan agar produknya selalu diminati dan diinginkan masyarakat seperti yang diharapkan perusahaan. Terbukti, jika harga emas dunia menaik masyarakat lebih memilih menggadaikan emasnya di pegadaian karena nilai taksiran yang tinggi. Akan tetapi jika harga emas dunia menurun masyarakat lebih memilih untuk menjual emasanya di pasar karena nilai taksiran yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial antara nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa gadai, dan untuk mengetahui adakah pengaruh secara simultan antara nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menggunakan jasa gadai. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, perusahaan, akademik dan pihak lainnya. Pembahasan penelitian ini tentang nilai taksiran, dan berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Data yang diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Data diolah dengan menggunakan perhitungan statistik SPSS 22.0. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t (uji parsial) dan uji f (simultan), uji regresi linier berganda,dan uji determinasi (R2), Berdasarkan hasil penelitan variabel nilai taksiran secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah, hal ini dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis bahwa variabel nilai taksiran memiliki thitung > ttabel (5,255 > 1,666) maka H0 di tolak dan Ha di terima, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah karena thitung>ttabel (2,913 > 1,666) maka H0 ditolak Ha di terima, kemudian variabel nilai taksiran dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah dengan hasil Fhitung > Ftabel (4,753 > 2,36).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mudzakkir Khotib Siregar,MA dan H.Ali Hardana,M.si
Keywords: Nilai taksiran, Kualitas pelayanan, Kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 03 Aug 2020 09:11
Last Modified: 03 Aug 2020 09:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item