Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan deposito mudhārabah pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk periode 2007-2016

Jerni, Rita (2017) Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan deposito mudhārabah pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk periode 2007-2016. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk adalah salah satu Bank Umum Milik Negara milik pemerintah, merupakan lembaga keuangan yang kegiatan usahanya menghimpun dana dari masyarakat dan menjalankan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa-jasa lainnya dalam prinsip Islam. Deposito mudhārabah PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk pada tahun 2007-2016 mengalami peningkatan. Faktor meningkatnya deposito mudhārabah tentunya sangat banyak dan yang menjadi sorotan peneliti adalah biaya promosi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh biaya promosi terhadap deposito mudhārabah pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk Tahun 2007-2016. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan biaya promosi dan deposito mudhārabah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori- teori yang berkaitan dengan biaya promosi dan deposito mudhārabah, komponen- komponennya, serta ayat yang berkaitan dengan deposito mudhārabah. Peneliti menggunakan data sekunder berdasarkan runtun waktu (time series) tahun 2007-2016 berupa data triwulan yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk melalui website Otoritas Jasa Keuangan serta website Bank Syariah Mandiri, dan instrumen yang digunakan ialah studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode analisis statistik deskriptif, uji 2 normalitas, uji linieritas, analisis regresi sederhana, uji R (determinasi) dan uji t (uji hipotesis). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel biaya promosi (X) berpengaruh signifikan terhadap deposito mudhārabah (Y), terlihat dari Koefisien 2 determinasi (R ) sebesar 25,1% yang berarti bahwa variabel deposito mudhārabah dapat dijelaskan oleh variabel biaya promosi, sedangkan sisanya sebesar 74,9 % dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Adapun thitung > ttabel yaitu sebesar 3,571 > 2,022 dan signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan (0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: Biaya Promosi; Deposito Mudhārabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:42
Last Modified: 03 Aug 2020 02:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item