Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII, SMP Negeri 2, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Rangkuti, Riski Adelina (2017) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII, SMP Negeri 2, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kurangnya semangat dan keinginan atau motivasi siswa untuk belajar, khususnya pada mata pelajaran matematika. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Matematika pada siswea kelas VIII SMP Negeri 2, panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 275 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple ramdom sampling. Dengan demikian sampel penelitian sebanyak 57 siswa. untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala Likert. dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi (product momen) ,dan regresi linier sederhana. Berdasakan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: terdapat pengaruh signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Matematika di kelas VIII SMP N 2 Panyabungan. Dimana rhitung sebesar 0,493 > rtabel (pada taraf kesalahan ditetapkan 5% dan N = 57, 0,493 > 0,266, sumbangan variabel X terhadap variabel Y 0,24 atau 24% dan sisanya 76 % ditentukan oleh faktor lain, dalam analisis ini, serta untuk melihat kesignifikannya dilihat dengan menggunakan uji t di peroleh berarti thitung > ttabel, ttabel = 1,672 dan thitung = 4,167. Sedangkan untuk memprediksi kenaikan yang disebabkan oleh variabel X terhadap Y dilihat dari persamaan regresi linier yaitu Y = 57,362 + 0,299X. Persamaan regresi Y atas X tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X akan mengakibatkan 0,299 unit kenaikan Y. Untuk keberartian regresi diuji dengan uji F. Dimana Fhitung yang diperoleh sebesar 17,360 sedangkan untuk Ftabel sebesar 4,02, berarti Fhitung > Ftabel sehingga analasis tersebut berarti atau signifikan. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Agus Salim Daulay dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: motivasi; prestasi belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:36
Last Modified: 30 Jul 2020 06:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item View Item