Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh intelligence quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan

Siregar, Dian Nora (2017) Pengaruh intelligence quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Intelligence Quotient (IQ) dipandang sebagai bekal potensi yang akan memudahkan dalam belajar dan akan menghasilkan hasil belajar yang optimal dan menunjang prestasi belajar seseorang. Namun, pada kenyataannya ada siswa MTsN 1 Padangsidimpuan yang mempunyai inteligensi tinggi tetapi memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah. Sebaliknya ada siswa yang inteligensinya rendah, tapi meraih prestasi belajar yang relatif tinggi. Berdasarkan latar belakang masalah dimaksud, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini mengacu pada teori belajar Pieget yang menjelaskan bahwa perkembangan inteligensi seseorang dipengaruhi oleh pertambahan usia. Menurut Piaget, bertambahnya usia seorang anak menyebabkan berkembangnya struktur inteligensi yang baru, sehingga berpengaruh terhadap perubahan kemampuannya. Bila inteligensi ini tidak sering diasah maka perkembangan intelegensi anak akan terganggu, sehingga proses belajarnya tidak dapat berjalan lancar dan akan mengakibatkan prestasi belajar yang tidak memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan yang terdiri dari 13 kelas sebanyak 481 siswa dan sampelnya diambil menggunakan teknik Total Sampling yaitu sebanyak 106 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment dan uji F. Berdasarkan pengelolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rxy sebesar 0,388 yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang rendah antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Koefisien determinasi (KD) sebesar 15,05%, hal ini menunjukkan bahwa Intelligence Quotient (IQ) berkontribusi sebesar 15,05% terhadap prestasi belajar. Persamaan regresinya y = a + bx = 56,87 + 0,31 x, artinya setiap perubahan skor Intelligence Quotient (IQ) sebesar satu satuan dapat diprediksikan skor prestasi belajar matematika siswa akan naik sebesar 0,31 satuan pada arah yang sama. Berdasarkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel atau 18,53 > 3,93 maka hipotesis ii diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar dan Suparni
Keywords: intelligence quotient (IQ); prestasi belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:19
Last Modified: 30 Jul 2020 01:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item