Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi pedagang kecil di pasar Inpres Sadabuan terhadap produk arrum (studi kasus pada Pegadaian Syariah Unit Sadabuan)

Pohan, Saripah (2015) Persepsi pedagang kecil di pasar Inpres Sadabuan terhadap produk arrum (studi kasus pada Pegadaian Syariah Unit Sadabuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti mengenai pandangan para pedagang kecil terhadap produk Arrum yang ada di pegadaian syariah. Menurut mereka pegadaian syariah unit Sadabuan hanya memiliki produk gadai (Ar-Rahn), padahal pegadaian unit Sadabuan memiliki produk Arrum (ArRahn untuk usaha Mikro) yang dapat memberikan pembiayaan untuk usaha mereka. Skripsi ini membahas mengenai Persepsi pedagang kecil yang berada di pasar Inpres Sadabuan terhadap Produk Arrum Studi kassus yang dilakukan dipegadaian syariah unit sadabuan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Persepsi Pedagang kecil di pasar Inpres Sadabuan terhadap produk Arrum yang ada di pegadaian syariah unit sadabuan dan Bagaimana persepsi pedagang kecil di Pasar Sadabuan terhadap produk Arrum yang ada di Pegadaian Syariah Unit Sadabuan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi Persepsi Pedagang kecil di pasar Inpres terhadap produk Arrum yang ada di pegadaian syariah unit Sadabuan dan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Pedagang Kecil di Pasar Sadabuan Terhadap produk Arrum yang ada di Pegadaian Syariah Unit Sadabuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilaksanakan dengan metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang dilakukan adalah Angket, observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi, sedangkan teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara studi kasus kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pedagang kecil terhadap produk Arrum yang didominasi faktor internal ada 23 Responden jika dipersenkan 46 %. Faktor eksternal ada 18 responden jika dipersenkan 36% yaitu sesuatu yang baru dan gerakan pemasaran yang dilakukukan oleh pegadaian syariah dan Faktor Situasi ada 9 responden jika dipersenkan 18 % yaitu keadaan waktu yang dimiliki seseorang. Persepsi pedagang kecil pasar inpres sadabuan terhadap produk Arrum yang ada di Pegadaian Syariah Unit Sadabuan adalah SB ( Sangat Baik ) ada 7 orang responden dengan hasil persentasi 14%, B (Baik) ada 27 orang responden dengan hasil persentasi 54 %, C (Cukup) ada 11 orang responden dengan hasil persentasi 22 % dan TB ( Tidak Baik ) ada 5 orang responden dengan hasil persentasi 11 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Rukiah
Keywords: Persepsi; pegadaian; pedagang
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2020 07:51
Last Modified: 07 Sep 2020 08:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item