Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat pedagang Sangkumpal Bonang melakukan pembiayaan murȃbahah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan

Rahayu, Sri (2015) Pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat pedagang Sangkumpal Bonang melakukan pembiayaan murȃbahah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat pedagang Sangkumpal Bonang melakukan pembiayaan murȃbahah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat pedagang Sangkumpal Bonang dalam melakukan pembiayaan murȃbahah di PT BPRS Oloan Ummah Sidempun. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat pedagang Sangkumpal Bonang melakukan pembiayaan murȃbahah di PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat pedagang Sangkumpal Bonang melakukan pembiayaan murȃbahah di PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pelayanan dan produk. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan produk, pelayanan, dan minat pedagang. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dimana jumlah populasi 28 sehingga sampel diambil semuanya. Jadi ada 28 responden. Selanjutnya untuk melihat pengaruh sumbangan variabel X1, X2, kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear berganda dan didukung oleh uji validitas, dan uji reliabilitas. Melalui hasil uji korelasi ganda diketahui bahwa hubungan ketiga variabel sangat kuat, karena nilai R yang didapat sebesar 0,952 dan hampir mendekati 1. Dalam perhitungan uji F, hasil yang didapat untuk Fhitung = 119,698 dan Ftabel = 3,38. Dengan demikian Fhitung > Ftabel. (119,698 > 3,38). Uji signifikansi dengan menggunakan uji t menunjukkan pengaruh positif dan signifikan kedua variabel X terhadap variabel Y. Dimana untuk variabel produk (X1) didapat thitung = 1,795 dimana thitung > ttabel (1,795 > 1.708). Uji t untuk variabel pelayanan (X2) didapat thitung = 13,066 dimana thitung > ttabel (13,066 > 1.708). Hasil R square sebesar 0,905 hal ini berarti 90,5 % produk dan pelayanan mempengaruhi minat pedagang Sangkumpal Bonang melakukaan pembiayaan murȃbahah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Abdul Nasser Hasibuan
Keywords: Pelayanan; produk; minat pedagang; murȃbahah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:37
Last Modified: 21 Jul 2020 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item