Afrizal, Rudi (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih produk tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan yang cendrung mengalami fluktuasi setiap bulannya selama periode 2014. Oleh karena fluktuasi itulah sudah tentu ada faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah tersebut sehingga. Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh faktor kualitas produk, bonus dan religiusitas terhadap minat nasabah memilih tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini bersipat kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dimana jumlah sampel 44 responden yang diambil dari 219 responden populasi. Selanjutnya untuk melihat pengaruh sumbangan variabel X1, X2, X3 kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear berganda dan didukung oleh uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Melalui hasil uji korelasi ganda diketahui bahwa hubungan keempat variabel sangat kuat, karena nilai R yang didapat sebesar 0,845 dan hampir mendekati 1. Dalam perhitungan uji F, hasil yang didapat untuk Fhitung = 33,159 dan Ftabel = 2,84. Dengan demikian Fhitung > Ftabel. (33, 159 > 2,84). Uji signifikansi dengan menggunakan uji t menunjukkan pengaruh positif dan signifikan ketiga variabel X terhadap variabel Y. Dimana untuk variabel kualitas produk (X1) didapat thitung = 9,029 dimana thitung > ttabel (9,029 > -2,021). Uji t untuk variabel bonus (X2) didapat thitung = 0, 108 dimana thitung > ttabel (0,108 > 2,021). Uji t untuk variabel religiusitas (X3) didapat thitung = 0,772 dimana thitung > ttabel (0,772 > -2,021). Hasil R square sebesar 0,713 hal ini berarti 71,3%. kualitas produk, bonus dan religiusitas mempengaruhi minat nasabah memilih tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil perhitungan regresi berganda, uji F, uji t disimpulkan bahwa hipotesis mayor nol (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh kualitas produk, bonus dan religiusitas terhadapa minat nasabah memilih tabungan Wadi’ah Yaḍ Ḍamanah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan “ditolak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar dan Rukiah |
Keywords: | Minat nasabah; fluktuasi; kulitas produk |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 03:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 03:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3631 |
Actions (login required)
View Item |