Ramadan, Saiful (2015) Pengaruh reliabilitas karyawan terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Setiap organisasi bertujuan untuk maju berkembang di masa yang akan datang. Untuk mencapai hal tesebut maka setip organisasi, baik yang bersifat nirlaba maupun profit oriented, harus mampu merebut simpati konsumennya serta menjaga loyalitas mereka. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam situasi persaingan ini adalah dengan menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk menciptakan kepuasan pelanggan maka salah satu yang harus diperhatikan adalah pelayanan memiliki kehandalan (reliabilitas) dalam melayani pelanggan. PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan yang berada di Kota Padangsidimpuan. Sebagai perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang keuangan tentunya perusahaan menghadapi persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan yang lain dalam merebut pangsa pasar. Oleh karena itu faktor reliabilitas karyawan dalam melayani untuk menciptakan kepuasan nasabah menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Nasabah yang puas diharapkan akan loyal, mampu mengajak orang lain menjadi nasabah baru, mau mempromosikan PT. Pegadaian (persero) Cabang Syariah Alaman Bolak kepada orang lain, dan tidak mudah terpengaruh oleh promosi lembaga pesaing. Oleh karena itu perlu diteliti sejauh mana faktor reliabilitas karyawan PT. Pegadaian Syariah mempengaruhi kepuasan nasabahnya. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear sederhana dengan kepuasan nasabah sebagai variabel terikat (Y) dan reliabilitas karyawan (X) sebagai variabel bebas. Pengolahan datanya dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 22.0.Dari perhitungan korelasi diperoleh r= 0,874 artinya antara variabel reliabilitas (X) dan kepuasan nasabah (Y) di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak memiliki hubungan searah atau positif, artinya dengan menaikkan tingkat reliabilitas karyawan maka akan berdampak kepada meningkatnya kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak. Koefisien determinasi (r²) diperoleh sebesar 0,763 atau 76,3% yang menjelaskan bahwa variabel reliabilitas (X) memberikan pengaruh hanya sebesar 76,3% terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Sedangkan sisanya 23,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari pengolahan data yang dilakukan diperoleh persamaan regresi berikut: Y‟ = 8,809 + 0,794 X Artinya setiap peningkatan variabel reliabilitas (X) sebesar 1% akan berakibat meningkatnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,794%. Sebaliknya setiap pengurangan variabel reliabilitas (X) 1% akan berakibat kurangnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,794%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sumper Mulia Harahap dan Muhammad Isa |
Keywords: | reliabilitas karyawan; bank syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3625 |
Actions (login required)
View Item |