Siregar, Fauziatul Fhadila (2015) Strategi pemasaran produk ULaMM Syariah dalam upaya menarik minat masyarakat menjadi nasabah PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan dengan menggunakan analisis SWOT. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
PT. PNM ULaMM Syariah merupakan pinjaman usaha modal mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. PNM Merupakan korporasi BUMN dengan PT. PNM Persero sebagai induknya. Lembaga keuangan non-bank salah satunya (PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan) diharapkan akan dapat tumbuh dan berkembang jika jumlah nasabahnya juga bertambah dari waktu ke waktu. Dengan kata lain perusahaan ini akan dapat berkembang jika tetap diminati masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk ULaMM Syariah dalam upaya menarik minat masyarakat menjadi nasabah PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan dalam menarik minat masyarakat menjadi nasabah PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan dengan menggunakan analisis SWOT. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran dengan menggunakan metode analisis SWOT. Perusahaan harus mampu memilih analisis strategi yang tepat untuk menggambarkan bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, oleh karena itu analisis SWOT merupakan salah satu strategi yang tepat dalam proses pengambilan keputusan sehingga tujuan perusahaan tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah Karyawan PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan dan masyarakat wilayah kerja PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan dalam upaya menarik minat masyarakat menjadi nasabah menerapkan strategi marketing mix, yaitu dengan menawarkan produk-produk yang dimiliki PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan, menetapkan harga yang bersaing dilapangan, lokasi yang strategis, promosi yang mengutamakan kualitas pelayanan, karyawan yang akrab dan bersahabat serta proses pemberian pinjaman produk dengan mudah dan cepat. Dari hasil analisis SWOT PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan berusaha memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman, sehingga dapat disimpulkan PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan berada pada posisi perusahaan berkembang, dilihat dari pertambahan jumlah nasabah terhitung sejak 2011-2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Muhammad Isa, ST., MM |
Keywords: | Pemasaran produk ULaMM Syariah; Minat masyarakat; Analisis SWOT |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 09:11 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 09:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3606 |
Actions (login required)
View Item |