Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan dan motivasi terhadap nasabah produk M3.50 PT. PNM (persero) ULaMM Syariah Panyabungan

Risnawati, Risnawati (2015) Pengaruh pelayanan dan motivasi terhadap nasabah produk M3.50 PT. PNM (persero) ULaMM Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nasabah yang melakukan pembiayaan M3.50 pada PT. ULaMM Syariah Panyabungan. Produk M3.50 paling banyak digunakan nasabah dibandingkan produk pembiayaan yang lainnya. Produk M3.50 digunakan lapisan masyarakat menengah kebawah. Selain itu biaya administrasi juga terjangkau oleh masyarakat, sehingga banyak masyarakat sekitar yang menggunakan pembiayaan M3.50. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pelayanan dan motivasi terhadap produk M3.50. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ULaMM Syariah, nasabah, pelayanan dan motivasi mempengaruhi perilaku konsumen, produk M3.50. Pelayanan yang diberikan oleh pihak ULaMM cukup memuaskan nasabah, karena pihak ULaMM melakukan jemput bola kepada nasabah, sehingga nasabah tidak perlu pergi ke PT. ULaMM Syariah Panyabungan. Motivasi yang diberikan oleh pihak ULaMM seperti seminar. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dimana jumlah populasi 240 sehingga sampel diambil 15% dari jumlah populasi yaitu 36 nasabah. Selanjutnya untuk melihat pengaruh sumbangan variabel X1, X2 kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear berganda dan didukung oleh uji validitas, uji reliabelitas, uji hipotesis, uji F, uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 2,422 > 1.679 dan 2,418 > 1.679, maka terdapat pengaruh yang signifikan antar variabel. Nilai r2 = 0,280 menunjukkan bahwa 28% variabel pelayanan dan motivasi dapat mempengaruhi nasabah produk M3.50. Dengan hasil uji F = 6,433. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 6,433 > 2,92, maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Abdul Nasser Hasibuan, M.Si
Keywords: Pelayanan; Motivasi; Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Jul 2020 08:30
Last Modified: 17 Jul 2020 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item