Sari, Nirwana (2015) Strategi pemasaran PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran yang diterapkan PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya pedagang pasar Sangkumpal Bonang yang tidak mengetahui tentang PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Dan diperoleh informasi bahwa para pedagang disana lebih percaya untuk bertransaksi dengan Teras BRI yang juga berada disekitar Pasar Sangkumpal Bonang daripada di BPRS Oloan Ummah, hal ini dikarenakan Teras BRI lebih gencar dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya dibandingkan dengan BPRS Oloan Ummah. Berdasarkan hasil observasi peniliti diantara 1.176 jumlah pedagang di pasar Sangkumpal Bonang, hanya ada 28 orang pedagang yang menjadi nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Rumusan masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yangdi terapkan oleh PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan untuk memasarkan banknya serta produk-produk yang disediakan oleh pihak PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Hasil temuan penelitian, Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan dalam pemasaran lembaga keuangannya adalah bauran pemasaran atau yang biasa dikenal dengan marketing mix dengan menggunakan strategi 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat/saluran distribusi (place), dan promosi (promotion). Diantara keempat strategi bauran pemasaran (marketing mix) tersebut, yang paling efektif dan yang paling sering digunakan dalam perekrutan calon nasabah adalah strategi promosi dengan media promosi brosur dan dengan sistem jemput bola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rosnani Siregar, M.Ag dan Nofinawati, MA |
Keywords: | Pemasaran; BPRS |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 08:16 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 08:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3572 |
Actions (login required)
View Item |