Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh personal selling terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua

Siregar, Anni Mardiyah (2015) Pengaruh personal selling terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat masyarakat untuk menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua, mereka lebih memilih bank konvensional dalam hal aktivitas keuangan mereka. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan kegiatan personal selling yang belum optimal mencapai sasarannya. Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah “Apakah ada pengaruh personal selling terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua. Berdasarkan rumusan masalah penelitian tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap minat masyarakat menjadi nasabah padaBank SyariahMandiri KCP GunungTua. Penelitian ini bekaitan dengan bidang ilmu perbankan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi khususnya personal selling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner, dengan jumlah sampel 100 responden yang diambil dari populasi 12.890 responden. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana menggunakan alat bantu SPSS 17.0 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh personal selling terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua. Namun berdasarkan penelitian ini pengaruh yang terjadi cukup kecil yaitu hanya 14,3%. Hal ini terlihat dari nilai r2= 0,143. Korelasi yang terjadi antara variabel personal selling (X) dan minat masyarakat menjadi nasabah (Y) adalah termasuk rendah yang dibuktikan dengan r = 0,378. Hubungan yang terjadi adalah hubungan yang positif. Hal ini terlihat dari persamaan regresi Y= 28,913 + 0,363X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar dan Muhammad Isa
Keywords: personal selling; minat masyarakat; nasabah; bank syariah mandiri
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 17 Jul 2020 08:17
Last Modified: 17 Jul 2020 08:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item View Item