Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan

Daulay, Rita Purnama Sari (2015) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yaitu jumlah nasabah penabung pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Oloan Ummah Sidempuan yang cenderung mengalami pertumbuhan yang lambat karena banyaknya nasabah yang menutup rekeningnya serta banyaknya rekening yang tidak pernah bertransaksi lagi (pasif). Disisi lain jarang sekali nasabah pembiayaan yang sudah lunas mau membuka rekening pembiayaan baru, seandainya mereka membutuhkan pembiayaan lagi maka mereka lebih memilih bank lain. Artinya banyak nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan yang tidak loyal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori-teori ilmu manajemen pemasaran dan ilmu perbankan syariah. Tentunya dilengkapi dengan ilmu-ilmu lain yang berkaitan terhadap topik yang diteliti. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pengolah data kuantitatif dilakukan dengan bantuan statistika. Dalam penelitian ini dilakukan analisis regresi linier sederhana. Pengolahannya dibantu dengan program SPSS versi 17.0. Populasinya sebanyak 767 orang nasabah dan sampel sebanyak 77 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan kepada responden. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan loyalitas nasabah sebagai variabel terikatnya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan dengan tingkat hubungan yang agak rendah dimana nilai r = 0,453. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,205 = 20,5% yang artinya loyalitas nasabah sebanyak 20,5% dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sedangkan 79,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=19,671 + 0,420 (kualitas pelayanan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar dan Muhammad Isa
Keywords: pelayanan; loyalitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 17 Jul 2020 08:46
Last Modified: 17 Jul 2020 08:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item