Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru meningkatkan motivasi siswa belajar matematika di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah

Sibagariang, Rizky Harianto (2019) Upaya guru meningkatkan motivasi siswa belajar matematika di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa dalam proses belajar banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, salah satunya adalah memotivasi siswa dalam belajar. Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah motivasi siswa masih rendah sehinggah hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi motivasi siswa dalam belajar Matematika di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah, apa upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar Matematika di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kondisi motivasi siswa dalam belajar Matematika di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus, kemudian mendeskripsikan upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar Matematika di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah. Lokasi penelitian ini adalah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah dan waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017- Maret 2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang terdapat di lapangan. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa motivasi siswa rendah disebabkan karena guru kurang memahami motif yang berbeda pada setiap siswa serta kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran interaktif yang digunakan pada saat menyampaikan materi pelajaran. Dalam memotivasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Barus Tapanuli Tengah para guru melakukan berbagai upaya, diantaranya adalah memberi angka, memberikan hadiah, mengadakan kompetisi/saingan, memberi ulangan, mengetahui hasil, memberi pujian, dan juga memberikan hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Agus Salim Daulay, M.Ag dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Motivasi; Belajar; Matematika;
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 17 Jul 2020 03:23
Last Modified: 17 Jul 2020 03:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item