Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh faktor sosial, pribadi, promosi terhadap minat masyarakat Lingkungan 3 Pasar Sibuhuan untuk menggunakan jasa pegadaian syariah

Nasution, Elisna Saleha (2018) Pengaruh faktor sosial, pribadi, promosi terhadap minat masyarakat Lingkungan 3 Pasar Sibuhuan untuk menggunakan jasa pegadaian syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa pegadaian syariah. hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat terhadap pungsi, peran, dan manfaat pegadaian. Dan dilihat dari kenyataannya bahwa masih banyak masyarakat yang ketika membutuhkan dana mendesak meminjam kepada rentenir. Rumusan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh faktor sosial, pribadi, promosi terhadap minat masyarakat lingkungan III pasar sibuhuan untuk menggunakan jasa pegadaian syariah. Seperti halnya pada penelitian ini dimana masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa rentenir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat lingkingan III pasar sibuhuan Kab. Padang lawas untuk menggunakan jasa pegadaian syariah. penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti dan bagi pembaca. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan diantaranya adalah faktor sosial, faktor pribadi, faktor budaya, dan faktor psikologi. Adapun faktor yang dijadikan sebagai variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor sosial dan faktor pribadi, dan menggunakan faktor pendukung lainnya yaitu faktor promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan Secara parsial faktor sosial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung ˃ ttabel (0,372˂2,000), faktor pribadi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung ˃ ttabel (2,290˃2,000), faktor promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan thitung ˃ ttabel (3,438˃2,000) berdasarkan hasil uji simultan variabel faktor sosial, faktor pribadi, faktor promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dengan fhitung ˃ ftabel (8,620˃2,76). berdasarkan Hasil uji koefisien determinasi faktor sosial, faktor pribadi, faktor promosi mampu mempengaruhi minat masyarakat sebesar 26,6% sedangkan sisanya 73,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: minat, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:05
Last Modified: 17 Apr 2020 13:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item