Nasution, Erika Halimah (2015) Pengaruh strategi promosi terhadap minat nasabah melakukan pinjaman di BPRS Oloan Ummah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah yang melakukan pinjaman di BPRS Oloan Ummah Padangsidimpuan yang setiap tahunnya mengalami fluktuasi selama periode 2011-2014. Karena sangat sangat jarang ada nasabah melakukan transaksi pembiayaan. Hal ini terjadi karena kurangnya minat nasabah melakukan pinjaman di BPRS Oloan Ummah, disisi lain strategi promosi yang dilakuakan masih kurang menarik sehingga kurang mempengaruhi masyarakat khususnya para pedagang kaki lima sehingga masyarakat kurang berminat untuk melakukan pinjaman di BPRS Oloan Ummah Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara strategi promosi personal selling dan strategi promosi brosur terhadap minat nasabah melakukan pinjaman di BPRS Oloan Ummah Padangsidimpuan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh antara strategi promosi personal selling dan strategi promosi brosur terhadap minat nasabah melakukan pinjaman di BPRS Oloan Ummah Padangsidimpuan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dimana jumlah sampel 31 orang yang diambil dari populasi 92 nasabah. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji hipotesis (t), uji F dan regresi linier berganda. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% dan taraf kepercayaan sebesar 95%. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa antara strategi promosi personal selling dan strategi promosi brosur mempunyai hubungan yang kuat terhadap minat nasabah, dibuktikan dengan nilai R sebesar 0,847 mendekati 1. Nilai R² sebesar 0.717 menunjukkan bahwa kekuatan variable X1 dan X2 mempengaruhi minat nasabah melakukan pinjaman sebanyak 71,7% dan sisanya 28,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model ini. Uji signifikansi (uji t) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel X1 terhadap variabel Y. Dimana untuk variabel strategi promosi personal selling (X1) didapat nilai t-hitung sebesar 7.378 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2.048. Hal ini berarti nilai t-hitung > t-tabel yaitu 7.378 > 2.048. Uji t untuk variabel strategi promosi brosur (X2) didapat nilai t-hitung sebesar 0.776 dengan nilai signifikansi 0,445 > 0,05 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2.048. Hal ini berarti nilai t-hitung < t-tabel yaitu 0.776 < 2.048. Dimana hal ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X2 dengan Y.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar dan Budi Gautama Siregar |
Keywords: | nasabah; pinjaman; BPRS |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 04:54 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 04:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3503 |
Actions (login required)
View Item |